Saturday, 25 November 2017

Event Repot: Kunjungan ke PT Vitapharm, Lihat Proses Pembuatan Viva Cosmetics

Hello everyone.
Dua minggu lalu, tepatnya hari Sabtu 11 November 2017 member-member dari Surabaya Beauty Blogger diundang oleh Viva Cometics untuk berkunjung ke pabrik sekaligus kantor pusat mereka.
Nah, tahu kah kalian kalau PT. Vitapharm ini berlokasi di Surabaya?
Salah satu produsen kometik pertama di Indonesia ini beralamat di Jl. Panjang Jiwo 42, Surabaya.


Acara  Gathering & Company Visit ini digelar di Hall PT. Vitapharm. 
Semuanya sudah tertata rapi mulai dari photobooth, meja registrasi hingga meja yang tertata rapi untuk seluruh tamu undangan yang hadir. 
PIhak dari Viva juga menyediakan snack corner untuk kita cemil cemil sembari menunggu acara dimulai. Para blogger udah pada muter muter aja nih mengambil gambar untuk setiap sudut ruangan termasuk aku. 







Tak lama kemudian, acara dimulai dan dibuka oleh pembawa acara hari itu yaitu Miss Olivia Setia. 
Acara dilanjutkan dengan berkenalan lebih dekat bersama Viva Cosmetics. Mulai dari sejarahnya, proses pembuatannya, strategi pemasarannya serta beragam prduk baru dari Viva. 

Miss Olivia Setia sebagai MC hari itu.

Bapak Denny Wibisono, Kepala Divisi Marketing PT. Vitapharm
Bapak Danny Wibisono, menjelaskan secara mendetail mengenai quality control produk-produk Viva Cosmetics. Salah satu yang beliau jelaskan adalah, PT. Vitapharm memiliki ruangan khusus untuk menyimpan sampe barang yang diproduksi setiah harinya atau per batch. Untuk apa?
Hal ini dilakukan untuk meneliti jika ada kesalahan atau kerusakan pada produk yang beredar di pasaran.
Beliau mencontohkan, ada seorang ibu yang mengirimkan komlplain bahwa foundation yang ia beli satu minggu lalu sudah berbau tidak sedap (tengik). Komplain ini akan diteruskan kepada pihak quality control, batch produksi yang sama akan dicek di gudang penyimpanan. Namun, sample yang ada di gudang masih baik-baik saja dan tidak memiliki aroma aneh. PIhak Viva kemudian kembali akan menanyakan kepada pelanggan tersebut, apakah ada pemakaian yg salah sehingga minimbulkan kerusakan barang. Contohnya saja, tutup foundation tidak ditutup dengan rapat, atau foundation yang dituang kebanyakan dikembalikan lg ke dalam kemasan. Hal inilah yang mengakibatkan kerusakan barang sehingga menimbulkan bau tak sedap. Hayooo siapa yang sering begituuu??
Ibu Anna, Kepala Unit Promosi
Pengenalan lebih lanjut kemudian diberikan oleh Ibu Anna. Beliau memperkenalkan berbagai tipe Viva Cosmetics. Tahukan kalian kalau ada 4 jenis kosmetik yang diproduksi oleh PT. Vitapharm?
PT. Vitapharm memproduksi Viva Cosmetics, Viva Queen, Viva White dan Red-A.
Iyess, Red-A dan Viva satu perusahaan guys.
Terus apa yang membedakan Viva Cosmetics, Viva Queen dan Viva White?
Viva Cosmetics adalah produk Viva secara keseluruhan sedangkan Viva Queen adalah varian mereka yang ditujukan khusus untuk wanita karir. Viva White adalah rangkaian skincare dari Viva. Dan Red-A adalah kosmetik yang ditujukan untuk remaja Indonesia. 
Berbagai produk dari Viva ini sudah menerima penghargaan-penghargaan bergensi looh. Salah satunya adalah si pensil alis yang terkenal banget di jagat perlenongan :D



Acara kemudian berlanjut ke makeup competition. Dati tiap baris meja ada dua orang yang mewakiliii. Super seru bangett. Karena harus rebutan makeup Viva yang ada di display untuk dipakai ke partnernya. Kalau gak kebagaian ya pakai seadanya :D





Selanjutnya adalah keliling ke pabrik PT. Vitapharm. Dimana kita bisa lihat langsung seluruh proses mulai dari pembuatan, cek kualitas secara berulang sampai penyimpanan dan distribusi.
Sayangnya, kita tidak diperbolehkan untuk membawa kamera, hp atau alat perekam apapun ya. Jadi mohon maaf, ga ada foto foto di dalam pabriknya yah. Tapi akan aku jelaskan semampuku :D

Pertama kita memasuki ruangan pengemasan. Pabrik Vitapharm super bersih lo dan super luar. Jarak antar mesin tidak berdempetan. Apalagi untuk mesin mesin yang masih manual. Sehingga para karyawan tidak perlu berdesak desakan. Jaraknya betul betul lebar loh bisa sampe 3 meter antar mesin. Jadi sama sekali ga ada kesan sumpek. Super bersih dan luas.

Setiap ruangan ini ga ada AC nya loh ya. Kecuali tempat karyawan kantornya. Jadi bagian pabrik tempat pembuatan produk tidak ada AC hanya ada kipas angin. Itupun pemberian kipas angin juga harus diperhitungkan secara matang, mengapa? Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produk dalam suhu apapun. Ibaratnya nih, kalau dibiasakan ada di suhu dingin, produk tidak akan tahan di suhu panas (contoh: lipstick meleleh) oleh karena itu seluruh suhu ruangan sudah diperhitungan sesuai dengan kualitas produk.

Disini kita juga sempat lihat ruang cek kualitas loh dimana lipstik lipstik dihancurkan. Semua pada sedih ngeliat lipstik dipotong-potong.. kenapa aku enggak ya :D
Gak jauh dari situ kita lihat gudang quality control yang sempat aku ceritakan tadi. Tempat menyimpan sample per batch. Ruangan ini juga tidak ber AC. Alasannya? sama seperti yang aku jelaskan tadi ya untuk menjaga kualitas dan memngecek ketahanan barang. Selain itu, karena produk Viva distribusinya tidak hanya di mall mall besar, mereka juga merambah di toko toko pasar tradisional dimana di toko tersebut tidak ada AC kan pastinya? Nah, disinilah tercipta produk produk Viva Cosmetics yang tahan berbagai suhu.


Setelah selesai keliling, kita kembali ke hall dan acara berlanjut dengan beauty class.
Beauty class ini dipimpin oleh Miss Yustine. Kita belajar mulai dari cara membersihkan wajah, merawat wajah dengan masker, sampai memulaskan makeup.








Nah karena kita diijinkan untuk memakai kit dari Viva. Aku sempat colek nih semua eyeshadownya. Ini adalah eyeshadow duo ya. Super pigmented dan buttery loh.




Aku punya varian Viva eyeshadow duo ini loh. Nomor 05 dan 08. Dan aku beneran sukaa banget karena warnanya keluar dan mudah dibaurkan. Super lembut juga teksturnya. Very recommended loh.

Setelah makeup class, kita istirahat dulu dan disuguhi makan siang yang super endess.
Disela sela makan, aku masih menyempatkan untuk keliling hall lagi. Viva Cosmetics sudah mendapatkan beragam penghargaan dan beragam piagam dr MURI loh. Keren banget kan.

Penghargaan dari Female Daily untuk Viva Milk Cleanser dan Eyebrow Pencil






Viva merupakan salah satu dari dua brand Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari BPOM
Di sela-sela makan siang, kami juga merayakan ulang tahun yang ke 6 dari divisi multimedia online Viva Cosmetics.
Happy Birthday!!





Setelah makan siang selesai Acara kembali berlanjut dengan workshop Beauty Blogging 101 bersama kak Moch. Rizky, Photographer dari Studio Adventure.
Beliau mengajarkan cara berfoto yang baik baik foto untuk diri sendiri maupun foto produk dengan tema flat lay.




Cara selfie yang baik with Claresta
 Kak Moch. Rizky menjelaskan kalau pose tubuh juga sangat berpengaruh lo ke hasil foto. Dan komposisi untuk flat lay harus diperhatikan. Kita harus memiliki tema untuk foto produk dengan memberikan tema warna utama dan warna aksen.

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00 ini super seru loh. Kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dan juga seluk beluk tentang Viva Cosmetics. Banyak orang skeptis soal produk lokal. Hal tersebut harus segera ditepis loh. Produk lokal itu justru sangat baik. Karena mereka memang diciptakan dan didesain sesuai dengan kondisi kulit dan juga lingkungan Indonesia. Viva Cosmetics sendiri telah membuktikan bahwa produk mereka higienis, berkualitas dan tentunya terjangkau. Yuk kita cintai produk produk Indonesia.

hadiah untuk penanya

Hadiah untuk best makeup



Thank you so much Viva Cosmetics for having us. Thank you juga buat Surabaya Beauty Blogger untuk undangannya. 

1 comment: